Rabu, 14 Januari 2009

HMPF in Action

Oleh: Rini*

Musim hujan di bulan Desember memberi kesan tersendiri bagi kepengerusan HMPF FKIP UNTAN Periode 2008-2009. Keceriaan dam kegembiraan terbayang pada wajah-wajah pengurus, khususnya bidang PA (Peningkatan Akademik) dan staf-staf perlombaan. Jerih payah dan keletihan yang dirasakan terbayar sudah seiring penutupan salah satu progja PA yang termasuk ke dalam Big Special Event Pengurus HMPF FKIP UNTAN, yaitu PEKAN RAYA FISIKA 2008.

Pekan Raya Fisika adalah serangkaian perlombaan di bidang science khususnya fisika dari tingkat Sekolah Dasar hingga Menengah Atas yang memperebutkan Piala Bergilir Dekan FKIP UNTAN. Pekan Raya ini dilaksanakan selama 2 hari di gedung Anex, tepatnya pada hari Selasa (16/12) sd Rabu (17/12). Perlombaan yang terdapat dalam PRF adalah Science Competition untuk tingkat SD/sederajat, Lomba Cepat Tepat Fisika (LCTF) untuk tingkat SMP/sederajat, dan Physic Competition untuk tingkat SMA/sederajat. Ketiga perlombaan ini terdiridari dua babak. Yaitu babak penyisihan dan babak final.

Pemenang Science Competition Tingkat SD Se-Kota Pontianak adalah juara pertama di raih oleh Vania Goewin dari SD Santa Maria dengan skor 95. Juara kedua Rafi Andanu dari SDN 08 Pontianak dengan skor 91 dan juara ketiga diraih oleh Novela Permata Sari dari SD Santa Maria denganskor 87.

Pemenang LCTF tingkat SMP/sederajat adalah kelompok Archimedes sebagai juara ketiga dari SMPK Santo Petrus, kelompok Bernoulli sebagai juara ketiga dari SMPK Immanuel, dan Einstein sebagai juara pertama dari SMPK Immanuel.

Di tingkat SMA kegiatan yang dilakukan berupa Physic Competition. Pada Physic Competition (PC). Tiap kelompok mempresentasikan atau mendemonstrasikan alat peraga yang mereka buat. Kriteria penilaian meliputi kreatifitas alat, presentasi, dan kesesuaian alat peraga dengan konsep fisika. Para pememang dalam lomba ini adalah juara pertama kelompok Maxwell dari SMAN 3 Pontianak, juara kedua kelompok Einstein dari sekolah SMA Gembala Baik, dan juara tiga diraih oleh kelompok Boltzman dari sekolah SMAN 4 Pontianak.

Kegiatan PC juga disukseskan dengan bantuan Dr. Stevanus Sahala dan Ibu Erwina, S.Pd selaku dosen Prodi P. Fisika dan saudari Mislah S.Pd selaku alumni mahasiswa P. Fisika yang berperan sebagai dewan juri dalam Physic Competition.

Walaupun banyak kendala yang dihadapi, namun dengan semangat yang kuat dan tekad yang bulat, ALHAMDULILLAH akhirnya Pekan Raya Fisika 2008 dapat berjalan dengan lancar.

Ucapan terima kasih sebesar-besarnya dari kami, khususnya pengurus dan staf perlombaan HMPF FKIP UNTAN kepada pihak Fakultas yang telah memberikan izin dan dukungan dalam penyelenggaraan Pekan Raya Fisika. Mohon dukungannya untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. Ucapan terima kasih juga pada pihak sponsor yang telah mensponsori kegiatan ini. Kepada Kaprodi, Dosen-dosen Fisika, Senior-senior serta seluruh anggota HMPF yang telah memberikan dukungan baik berupa moril maupun materil, terima kasih untuk semuanya. Semoga keakraban ini tetap terjalin.

HMPF.... Kami Bangga....

Fisika .... Luar Biasa.....

*Pengurus HMPF

0 Comments:

Post a Comment