Rabu, 14 Januari 2009

Gamaska Gelar Debat Kandidat



Oleh: Karsinah

Berakhirnya tampuk sebuah kepimimpinan harus tergantikan oleh generasi baru. Demi terlaksananya UKM Gamaska (Keluarga Mahasiswa Katolik) dengan baik sesuai visi dan misi. Maka, pada Minggu (14/12) Gamaska menggelar debat kandidat untuk memilih ketua dan wakil ketua periode 2008/2009. Kegiatan bertempat di Ruang 10 dan 11 kampus FKIP Untan.

“Tujuan kegiatan ini adalah salah satunya untuk meyakinkan pemilih (mahasiswa katolik red.) untuk memilih kandidat. Sehingga akan lebih yakin. Karena dalam debat kandidat akan diketahui kemampuan para kandidat.” ungkap Patricius P, ketua Panitia Debat Kandidat.

Rangkaian acara dalam kegiatan debat adalah pembacaan profil kandidat dan panelis. Ada dua pasangan kandidat dalam debat ini yaitu pasangan Frederica ADL (calon ketua) dan Sutimbang Ngawan (calon ketua). Pasanga kedua yaitu Carolina (calon ketua) dan Bonavasius Doni (wakil ketua).

Panelis adalah orang yang telah dianggap memiliki kemampuan dalam bidangnya dimana dalam debat kandidat ini akan memberikan beberapa pertanyaan khusus. Adapun para panelis adalah Yohannes Peter Lewo bidang pendidikan, FR. Hiasiantus bidang kerohanian, dan Willy Brodus Timbla bidang organisasi.

Acara selanjutnya yaitu debat kandidat. Debat ini terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama setiap panelis memberikan tiga pertanyaan dan dari audience dua orang. Sesi kedua panelis kembali memberikan pertanyaan dan juga audience. Sesi ketiga kesempatan hanya diberikan kepada para audience untuk bertanya kepada kandidat ketua dan wakil ketua.

“Sesi pertama dan kedua memiliki batasan waktu. Sedangkan untuk sesi ketiga tidak memiliki batasan waktu” Terang Patricius.

Sebelum debat kandidat di mulai, acara di awali dengan misa bersama yang di pimpin oleh Pastor Robini, OP. Pastur Robini menyampaikan untuk memilih seorang pemimpin haruslah melihat isinya bukan penampilannya.

Acara diakhiri dengan doa dan pembentukan tim formatur. Sedangkan pemilihan dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 desember 2008.

0 Comments:

Post a Comment